The Maze Runner #1 (Maze Runner) by James Dashner









Judul: The Maze Runner #1 (Maze Runner)
Penulis: James Dashner
Penerbit: Delacorte Press
Tahun Terbit: 2009
Halaman: 384
Genre: Young-Adult & Dystopia

ADD TO GOODREADS    MY GOODREADS REVIEW

SYNOPSIS (CLICK TO READ)
If you ain’t scared, you ain’t human.

When Thomas wakes up in the lift, the only thing he can remember is his name. He’s surrounded by strangers—boys whose memories are also gone.

Nice to meet ya, shank. Welcome to the Glade.

Outside the towering stone walls that surround the Glade is a limitless, ever-changing maze. It’s the only way out—and no one’s ever made it through alive.

Everything is going to change.

Then a girl arrives. The first girl ever. And the message she delivers is terrifying.

Remember. Survive. Run.



Thomas terbangun dan menyadari kalau dia berada di dalam sebuah box metal yang sangat besar, seperti lift. Ketika ia keluar, ia dikelilingi oleh orang-orang, teenage boys. Beberapa mungkin berusia 15 atau 17. Salah satu dari mereka berkata bahwa Thomas sedang berada di the Glade; dan mereka menamai diri mereka sendiri Gladers. Namun, Thomas lebih panik lagi dengan kenyataan bahwa ia tidak bisa mengingat apapun; kecuali namanya. Ia tidak ingat siapa ibunya, siapa ayahnya, keluarganya, teman-temannya. Cuma namanya. Ia tahu bagaimana cara makan, berbicara, tapi ia tidak bisa mengingat dengan siapa dulu ia makan, dengan siapa dulu ia berbicara. 



Ternyata, di dalam Glade, mereka membangun komunitas kecil, ada perternakan, pertanian, dll untuk bertahan hidup. Selama 2 tahun, mereka hidup dari makanan yang diberikan para Creators (orang-orang yang mengurung mereka disini), mengolahnya di dapur, atau bercocok tanam. Tak ada yang bisa keluar dari Glade, karena Glade dikelilingi oleh Maze--labirin, yang selama 2 tahun ini belum pernah ada yang bisa memecahkan labirin yang selalu berganti-ganti pattern-nya. 

Ketika pertama kalinya seorang gadis muncul dari dalam box metal itu dan membawa pesan yang mengerikan, "Semuanya akan berubah." Dan benar saja, supplies makanan, air, semuanya dihentikan oleh Creators, dan mereka kekurangan makanan; cahaya matahari menghilang dari langit dan mereka tidak bisa bercocok tanam untuk bertahan hidup; dan monster-monster dikeluarkan tiap malam oleh Creators untuk memakan salah satu dari mereka. Akhirnya mereka sadar untuk segera memecahkan Maze tersebut dan keluar--jika tidak, mungkin mereka akan mati kelaparan atau mati dimakan monster

"If you ain't scared... you ain't human."

Aku gatau mau ngomong apa, bener-bener keren bangett ini buku. :) dari awal Thomas dateng ke Glade, kedatangan gadis itu, dan akhirnya semuanya setuju untuk segera memecahkan labirin itu. Apapun yang terjadi. Awalnya memang pasti bingung, tapi lama-lama ngerti slang-slang-nya para Gladers (yang kadang bikin ngakak._.), hal-hal yang terjadi disini dan segala kerumitannya. Ditutup dengan ending yang WAW banget, pokoknya pengen langsung baca buku keduanya, the Scorch Trials. 

Bagiku sih, nyelesein buku ini kayak nonton film yang konfliknya gak abis-abis. Masih terus bikin penasaran, bikin deg-degan, pokoknya sekalinya masalah yang dihadapi selesai, bab selanjutnya terjadi lagi masalah lain. :) Walaupun aku sedikit menduga-duga apa alasan Creators mengirim mereka ke sini, tapi tetep aja setiap chapternya selalu bikin ketagihan. Apalagi penulisnya juga nulisnya gak terlalu terburu-buru, setiap detail diungkapkan dengan baik. Bagus bangettt.

Buat karakter-karakter disini, ada Thomas--yap Glader yang selalu penasaran atas segala sesuatu; Alby--pemimpin para Gladers disini; Newt--wakilnya Alby gitulahh; dann terakhir Minho--dia Runner. Runners ini sebenernya kayak pekerjaan di dalam Glade, ada yang kerjaannya jadi tukang masak, peternak, ya pokoknya hal-hal gitu. Nah, kerjaan Runners ini tuh buat menjelajahi Maze, dan membuat map untuk memecahkan Maze ini. Mungkin kayak semua fansnya Maze Runner, aku suka banget sama Minho. Yah pokoknya setiap kali Minho tanda-tanda kayak mau cedera atau apa, jadi panik sendiri dan takut Minho mati. :( *korban Allegiant* 

"It's kind of hard to ask a dead guy what he did wrong." - Minho

Terakhir, aku cuman pengen ngasih tau aja kenapa ratingnya 5 tapi gak termasuk all-time favorites. Ada beberapa hal yang menurutku ganjil dan ada juga missing plots disini. Aku gabakalan spoiler, tapi menurutku ini kekurangan yang lumayan parah. Buku ini almost perfect. Yaa, hampir. Sayang bangetlah pokoknya. Tapi selain hal itu sih, semuanya udah oke banget; konsep labirin, terus action plots-nya. Pokoknya mantap bangetlah. :)))

"Sometimes you don't look very hard for things you don't believe will or can happen." - pg. 226. 

Aku bakalan rekomendasi buku ini buat para penggemar Hunger Games, Divergent; para pembaca dystopian; terus yang suka buku-buku action-packed, young-adult readers. Nah, kalian pasti jatuh cinta sama buku ini. Bagi yang udah baca, gimana nih menurut kalian? Jangan lupa share yaa di comment. Tapi jangan sampai spoiler lhoo~ 

Can't wait read the Scorch Trials! ^^


"Just follow me and run like your life depends on it. Because it does." 

source here.

Check out my movie adaptation here! :)

source here.
BIOGRAPHY TAKEN FROM GOODREADS

ABOUT AUTHOR

James is the author of THE MAZE RUNNER trilogy and THE 13TH REALITY series. He also published a series (beginning with A DOOR IN THE WOODS) with a small publisher several years ago. He lives and writes in the Rocky Mountains.


MORE ABOUT JAMES DASHNER



No comments:

Post a Comment