Maze Runner Movie Adaptation: Review

source here.


Bagi yang belum baca Maze Runner / seri Maze Runner, review ini bisa mengandung spoiler walaupun aku meminimalisir sedikit mungkin. Jadi sebelumnya, kita review identitas film ini ya. Di sutradarai oleh Wes Ball. Beliau juga yang menyutradarai film sekuelnya Maze Runner, Scorch Trials. Buat para pemainnya, ini dia listnya.

THOMAS
Dylan O'Brien 
source here.


NEWT
Thomas Brodie-Sangster 
source here.

MINHO
Ki Hong Lee 
source here
TERESA
Kaya Scodelario
source here.
GALLY
Will Poulter 
source here.

Buat rating di IMDB-nya adalah 6.9/10. Termasuk bagus untuk film adaptasi. Genre filmnya adalah Action, Mystery, Sci-fi, Thriller (IMDB). Jadi buat penggemar genre-genre tersebut, silakan nonton deh yaa!
*rated PG-13* 
Buat storyline-nya bisa dibaca disini (bagi yang belum baca Maze Runner hehee):

Thomas wakes up in an elevator, remembering nothing but his own name. He emerges into a world of about 60 teen boys who have learned to survive in a completely enclosed environment, subsisting on their own agriculture and supplies. A new boy arrives every 30 days. The original group has been in "The Glade" for three years, trying to find a way to escape through the Maze that surrounds their living space. They have begun to give up hope. Then a comatose girl arrives with a strange note, and their world begins to change. There are some great, fast-paced action scenes, particularly those involving the nightmarish Grievers who plague the boys.
 synopsis taken from IMDB. credits to the writer. 

Sebelum kita membandingkan film dan bukunya, bagi penggemar film action juga pasti suka deh. Alur ceritanya dimulai menegangkan dan pastinya ngebuat bingung seperti Thomas pertama kali datang ke The Glade. Lalu Thomas pun berkenalan dengan para Gladers yang lain dan akhirnya dapat mengingat namanya sendiri. Maklumlah, karena para Gladers sengaja dibuat amnesia terhadap masa lalunya dan hanya mengingat namanya sendiri. Masalah muncul ketika seorang gadis untuk pertama kali muncul dan kehidupan di Glade mulai berubah menyeramkan dan mematikan.

Buat para pemain-pemainnya, aku kenal Dylan O'Brien dari The Internship dan gaya Dylan O'Brien disana emang dituntut untuk kutu buku, gadget freak, pokoknya gak ada keren-kerennya. Terus pas dia main di Maze Runner, bener-bener deh aku geleng-geleng kepala saking kagumnya dengan kemampuan akting Dylan O'Brien yang gak setengah-setengah. Lalu buat pemain untuk Newt, itu Thomas Brodie-Sangster. Awalnya aku bingung, nih orang umur berapa muda amat. Ternyata udah 25 lho! Yaampun mukanya imut dan baby-face banget :3 Here's our beloved Newt: 


Menurutku pribadi sih, TBS kurang cocok buat Newt; karna dipikiranku dia juga suka ngomong "bloody hell" dan umpatan-umpatan lain dan muka TBS terlalu kiyut buat ngumpat-ngumpat'-' Anyway, aku suka sama Dylan O'Brien, Ki Hong Lee (MINHO! Walaupun menurutku masih kurang ganteng dan kurang sassy, cukuplah), dan yang cocok lagi menurutku si Gally--Will Poulter. Mukanya emang udah garang gitu cocok deh;) Buat Teresa sih, kurang sesuai sama imajinasiku, tapi yaudahlah. 


Maze Runner sendiri menegangkan, seru dan punya banyak action; semuanya melengkapi film ini. Kalau belum baca Maze Runner, aku yakin aku bakalan suka sama film ini lebih lagi. Wes Ball juga cukup hebat untuk membawa emosional penonton ketika klimaks, segala macam keriweuhan (?) dan misteri Maze. Penyelesainnya menggantung dan pastinya bikin kita penasaran sama Scorch Trials! 

Nah, di paragraf ini, aku bakalan ngupas abis-abisan segala macam hal-hal yang berbeda antara film dan buku. Oleh karna itu, sebelum kalian protes-protes, aku tau film dan buku itu dua bidang yang berbeda; dan aku tau memfilmkan sebuah buku best-seller itu bukan hal yang mudah. Berjuta-juta penggemar Maze Runner, berjuta-juta pula imajinasi masing-masing bagaimana plot-plotnya. Dan seorang sutradara harus memilih satu diantara imajinasi-imajinasi tersebut untuk dibawa ke perfilman. Aku tau banyak hal berbeda antara film dan buku Harry Potter; tapi yang aku apresiasi adalah seenggaknya alurnya masih sama (walaupun ada yang dipotong). Tapi, plis deh, sebagai penggemar berat buku pertama Maze Runner, film ini JAUH BERBEDA dengan bukunya. Resolusi / ending dari film ini berbeda; cara penyelesaian masalah Maze berbeda; alur waktunya berbeda, kalau gak salah plot-plot akhir dimajukan dan sebaliknya. Aku bisa maklum kalau yang beda cuman 10%, tapi ini bedanya bisa 50% dan plot yang diubah itu termasuk plot favoritku di buku. Jadi... aku kurang suka sama versi filmnya. (karna aku juga banyak protes-protes sepanjang film jadi kurang menikmati filmnya hehee). 
 

Overall, menurutku filmnya cukup bagus untuk sebuah film. Tapi untuk film adaptasi, aku kurang suka dengan berbagai perubahannya dan bisa dibilang cukup mengecewakan. Tapi tetep, kalian harus cicipi sendiri film Maze Runner, dan bagi penggemar berat serial Maze Runner; harus nonton deh! Kapan lagi liat si ganteng Dylan O'Brien dan si kiyut Thomas Brodie-Sangster? :p
Thomas: Chuck, don't let go!
Chuck: No shit!
 BOOK REVIEW 

Maze Runner Files - 3 DIADEMS


No comments:

Post a Comment